Produk Siswa SD Muhammadiyah Pakel Mendapatkan Penghargaan di  Ajang Internasional IYIA 2019 – Arduino Based – Anti Bacterial Toothbrush Holder

Yogyakarta (SRY) – Siswa SD Muhammadiyah Pakel berhasil mendapat penghargaan Bronze Medal pada ajang International Young Inventor Awards 2019 di Jakarta, 8 Oktober 2019.

Mereka menciptakan Kotak Sikat gigi anti bacteri dan jamur yang dilengkapi dengan Sinar UV (Ultraviolet). Ide tersebut didapatkan dari jurnal ilmiah, bahwa Sinar UV 15 watt ketika dipaparkan pada permukaan suatu bidang dalam waktu 15 Menit ternyata mematikan pertumbuhan bakteri dan jamur. Bulu sikat gigi yang selama ini kita simpan di kamar mandi sangat potensial sebagai tempat tumbuhnya bakteri dan jamur, karena kondisi kamar mandi yang minim cahaya dan lembab. UV Light yang dipaparkan pada bulu sikat gigi diharapkan mampu mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri, sehingga sikat gigi tetap higienis.

Karya tersebut dilombakan pada “International Young Inventor Awards 2019”. Event ini di ikuti oleh 15 negara lain yaitu Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, China, Korea, Jepang, Mesir, Sri Lanka, Polandia, Arab Saudi, Kroasia, Kanada, Amerika Serikat.

Siswa-siswa tersebut adalah Muhammad Akli Hakiki Putra Prakoso, Rasya Putra Pradipta, Aryaputra Cahyana Adi dari SD Muhammadiyah Pakel yang dibimbing oleh Herdani Yulian, S.Pd dari Sekolah Robot Yogyakarta dan Eduriset Saintika.

News and Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *